Akal & Keyakinan



Taubat Menghapus Dosa Atau Tidak ?

Setiap manusia biasa dalam kehidupannya hampir bisa dipastikan pernah berbuat dosa baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Dosa secara sederhana adalah perbuatan menyimpang dari aturan Tuhan (Rule of Good) yang dilakukan oleh sesorang manusia. Perbuatan menyimpang yang dimaksud adalah segala bentuk perbuatan yang bertentangan dengan Al-Quraan dan Al-Haditz menurut ajaran Islam dan bertentangan dengan Al-Kitab (kitab suci menurut ajaran agama yang lain).
Dalam ajaran Islam terdapat konsep Taubat yang secara sederhana diartikan sebagai peristiwa kesadaran manusia atas perbuatan dosa yang dilakukan dan pengucapan janji untuk tidak mengulangi kembali perbuatan tersebut atas kesadarannya. Beberapa orang berpendapat bahwa taubat pada dasarnya akan menghapus dosa manusia yang telah dilakukan sebelumnya. Penyataan tersebut perlu di jelaskan secara detail bahwa dalam ajaran Islam taubat yang dimaksud adalah Taubatan Nasuhah (taubat yang sungguh-sungguh).
Pada hakikatnya, taubat ataupun Taubatan Nasuhah (taubat yang sungguh-sungguh) tidak bertujuan untuk menghapus dosa manusia, akan tetetapi taubat hanya memberikan kesempatan kepada setiap manusia untuk menyadari segala bentuk kesalahan atau perbuatan dosa yang pernah dilakukan. Hal ini memberikan penjelasan bahwa secara sederhana dosa yang pernah dilakukan oleh setiap manusia tetap tercatat pada catatan malaikat yang menjaga manusia. Jika dikaitkan dengan konsep duniawi pada era modern, malaikat yang mencatat dosa tidak memiliki penghapus (an eraser) atau type ex untuk menghapus dosa-dosa yang telah dicatatnya.
Konsep taubat secara implicit digambarkan dengan pepatah “Kemarau satu tahun terhapus oleh hujan sehari”  artinya jika dipandang dengan kasat mata taubat membawa kedamaian secara spontanitas namun hal yang telah terjadi sebelumnya tetap dirasakan konsekwensinya secara duniawi dan akan tetap dijalani konsekwensinya di akhirat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manikmati Masalah

Masalah merupakan sebuah siklus. Siklus yang tentunya hanya berubah dari sudut pandang asas kebermanfaatan dari kondisi yang dialami oleh ma...