Sabtu, 23 Maret 2013

Strategi Pemenangan Pemilu



Beberapa hal dalam catatan saya, yang sangat berpengaruh dalam kemenangan seorang calon peserta pemilu :

1.     TIM SUKSES ATAU TIM PEMENANGAN
Orang–orang yang berada dalam Tim sukses haruslah orang-orang yang  Profesional dan solid. Sebuah tim pemenangan haruslah yang benar-benar memahami kelemahan dan kekuatan calonnya, juga aturan main yang berlaku dalam pemilu. Tim sukses haruslah orang-orang yang mau mendengar pendapat, saran, peka terhadap perubahan strategi lawan dan dapat membaca situasi dan kondisi, serta pandai dalam mengambil sikap, beberapa hal dibawah ini yang sangat berperan :
A. PERAN PERSON DAN SECOND LINE
Person atau calon memiliki peran penting dalam keberhasilannya memenangkan pemilu, calon yang memiliki jaringan pada level elit belum tentu mampu memenangkan pemilu. Akan tetapi calon yang memiliki jaringan pada level menengah ke bawah justru memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangkan pemilu. Fenomena yang ada sampai saat ini di masyarakat adalah adanya issue tentang kandidat wakil rakyat yang memiliki dukungan financial yang kuat. Meski didukung oleh kekuatan financial, kandidat wakil rakyat yang tidak jeli melihat second line justru akan gagal dalam pemilihan. Second line memiliki peran yang sangat penting untuk merekrut team work. Team work yang baik adalah team work yang dipilih dari orang-orang yang dipercaya oleh person (kandidat). Second line juga harus mampu melihat simpul-simpul keluarga dalam masyarakat. Second line harus jeli melihat permasalahan yang ada di masyarakat sehingga menemukan sebuah simpul yang memiliki garis kemasyarakatan yang kuat. Demikian halnya dengan kemampuan menganalisa kemampuan lawan. Second line yang baik adalah orang mampu menemukan simpul yang memiliki kekuatan hampir sama atau sebanding dengan kekuatan lawan yang memiliki garis berbeda atau berlawanan dengan kandidat lain.
B. PERAN SAKSI DI TPS
Tim Pemenangan adalah orang-orang yang solid, professional. Terlihat dari fungsi saksi adalah untuk berkontribusi sebagai bank datanya, sehingga hasil rekapitulasi pada setiap TPS mampu dia rekam dengan rinci untuk kemudian dimasukkan sebagai data dalam proses penghitungan perolehan suara calonnya.
C. PERAN TOKOH MASYARAKAT
Tim sukses di Indonesia juga harus mampu menjadi jembatan silaturahmi antara pasangan calon yang diusungnya dengan sejumlah tokoh masyarakat yang berpengaruh di wilayah tersebut. Signifikankah ? Percayalah dengan pola tradisi sebagian masyarakat  Indonesia (dari tingkat pendidikan yang beraneka ragam) peran tokoh masyarakat sangat signifikan terhadap hasil perolehan suara, khususnya di daerah, yang rata-rata masyarakatnya sangat patuh kepada para pimpinan dan tokoh masyarakat. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah orang punya piutang social di daerah tertentu.
2.     KAMPANYE
Kampanye adalah bagian strategi pemenangan yang lain yang juga merupakan akses menuju tujuan. Dalam kampanye hendaknya setiap pasangan calon memberikan beberapa visi dan misi yang jelas terhadap apa yang hendak menjadi prioritas kebijakannya nanti ketika dia menjabat, sejauh mungkin mengindari Black champagne, atau kampanye yang menjelek-jelekan calon pasangan lainnya. Artinya strategi Black champagne tidak akan pernah mendapat simpatik publik  dalam bentuk apapun,  melainkan malah akan menimbulkan penasaran lebih oleh publik terhadap calon pasangan lawannya hingga menurunkan rasa simpatik publik terhadap dirinya.

3.     SOSIALISASI
Siapakah anda ?
Apa saja yang sudah pernah anda lakukan?
Apakah yang bisa anda perbuat di daerah/Negara ini ?
Apa saja strategi kebijakan yang dapat anda lakukan untuk memerdekan negeri ini dari kebodohan dan kemiskinan?
Berapa banyak yang bisa anda lakukan untuk rakyat dan Negara ?
Dsb.
Metode memperkenalkan diri, menjabarkan program kerja, tujuan utama kemenangan dan juga apa yang sudah pernah kamu lakukan adalah metode yang sangat signifikan terhadap kunci menuju kemenangan. Sosialisasi yang matang, adalah sosialisasi yang direncanakan jauh-jauh hari dengan melihat kondisi serta situasi di lapangan. Peng-Iklanan diri harus dilakukan dengan jalan memahami culture yang ada dan memahami issue yang paling trend pada saat itu. Terkait status incumbent sedikit banyak juga mempengaruhi, karena secara langsung ataupun tidak status incumbent lebih memiliki kekuatan untuk membentuk opini public.
4.     PERSIAPKAN KENDARAAN
Partai Politik sebagai Organisasi Politik yang sudah memiliki jaringan sampai ke level akar rumput (grass root), sangat dibutuhkan oleh para kandidat. Pertama sebagai persyaratan administratif dalam UU Politik Indonesia bahwa salah satu yang berhak-disamping calon independen-mencalonkan sebagai wakil rakyat adalah Partai Politik. Kedua, sebagai aset strategis dan mesin politik untuk menggerakkan dan menjalankan strategi dan program pemenangan dengan sumberdaya yang dimiliki oleh Partai seperti jaringan, SDM, citra maupun strukturnya sampai tingkat yang terbawah. Akan tetapi mengandalkan kekuatan Partai saja belumlah cukup. Dalam hal logika matematika jika partai politik menjadi pemenang pemilu sebelumnya belum tentu secara signifikan mampu menajadi pemenang pemilu pada daerah tersebut.

Selamat bagi siapapun yang telah menjadi pemenang.
Berharap pertarungan sampai di sini, menuju era demokrasi kedewasaan.
Kemudian jangan berlanjut dengan keributan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar